Sabtu, 11 Februari 2012

Pertolongan Pertama Untuk Burung Pemangsa

Artikel dibawah di ambil dari  www.themodernapprentice.com.
Saya terjemahkan dengan niatan untuk mempermudah pembaca dalam memahaminya.

Ada banyak masalah yang membuat kita harus selalu siap pada BOP. Tiap waktu kita akan menemukan banyak gejala-gejala sakit pada burung. Mulai dari berhenti makan, duduk dilantai dengan bulu-bulu mengembang, pendarahan dari mulut dan lubang hidung, pendarahan yang tidak terkontrol, mata yang berlendir, sulit bernafas, bersin-bersin, diare, sembelit, kehilangan keseimbangan, depresi, lesu. Segara bawa ke dokter hewan.
Burung tidak punya cukup zat pembeku dalam darah mereka. Bulu rusak yang berdarah, atau sedikit terpotong, dapat dirawat sendiri. Namun jika pendarahan tidak berhenti, tekan pada daerah luka dan bawa ke dokter hewan.
Jika dalam keadaan darurat, usahakan tempat untuk membawa burung aman dan nyaman. Bawa juga bantal atau handuk hangat dan air panas. Dan perlu diingat untuk membawa burung yang sakit sangat diperlukan hal berikut : Kehangatan, Kesenyapan, dan Pengangkut yang nyaman.

Pendarahan
Darah burung lebih sulit membeku daripada darah mamalia. Pertama, bersihkan area luka dengan alcohol, atau betadine (tidak disaran menggunakan Hidrogen Peroksida). Hentikan pendarahan yang parah dengan memberikan sedikit tekanan menggunakan kapas bersih pada area luka, bisa juga menggunakan salep pembeku darah (exp : Bioplasenta). Lalu oleh dengan obat penahan darah ditempat luka jika diperlukan, tutup luka dengan kapas dan tekan bagian luka yang dibalut selama kurang lebih 2 menit. Usahakan burung dalam keadaan tenang dan hangat. Biarkan balutan kapas tetap terpasang.
Jika luka ada dibagian kaki, berikan salep/obat antibiotic, lalu balut tapi jangan terlalu kencang. Jika luka dibagian yang berbulu, bersihkan area luka dengan memotong bulu-bulu yang menggangu pengobatan, lalu beri kapas yang sudah dipasangi obat da balut. Pendarahan pada burung bisa saja sangat berbahaya. Sbaiknya dikonsultasikan langsung ke dokter hewan terdekat. Tapi bila tidak ada dokter hewan terdekat, jangan langsung panik. Tetap tenang, dan konsentrasi untuk segera mengentikan pendarahan burung.
Ketika menangani BOP yang berdarah, teknik penanganan yang baik sangat penting untuk memastikan BOP tidak menjadi tertekan. Menempatkan BOP pada handuk yang lembab dan hangat akan membantu mengurangi resiko depresi pada BOP.
Kegagalan ketika mengatasi pendarahan dengan langkah-langkah di atas bisa saja mengindikasikan masalah dengan organ dalam BOP (hati). Jika ini yang terjadi, segera konsultasikan ke dokter hewan, ada kemungkinan BOP perlu penanganan terhadap depresi berlebihan.

 Pendarahan Pada Bulu Patah
Genggam batang bulu yang patah pada pangkal bulu dikulit BOP. Dengan menggunakan catut atau alat penjepit lain, tahan sayap kuat-kuat dan tarik batang bulu yang rusak dengan cepat dan arah yang tepat. Jika folikel berdarah, tekan denganjari selama kurang lebih satu menit. Jika hanya dengan menekan tidak bisa menghentikan pendarahan, beri tepung/obat penahan darah. Terkadang diperlukan juga memberi BOP dengan tissue yang telah diberi gelfoam untuk mengontrol pendarahan. Jika bulu hanya sekedar rusak/patah, disarankan untuk tidak mencabut dalam keadaan apapun. Menarik bulu BOP sangat rentan jika terjadi kesalahan, folikel BOP bisa rusak dan sangat memungkinkan bulu BOP tidak bisa tumbuh lagi.

Pendarahan Pada Cakar
Beri bubuk untuk luka dan tekan. Meskipun Quik Stop (obat penahan luka untuk organ kuat) dapat dipakai pada paruh atau cakar, cakar yang menggunakan obat Quik Stop bisa saja menyentuh muka BOP dan kandungannya berbahaya untuk mata BOP. untuk alas an ini, obat lain lebih aman untuk dipakai. Jika tidak ada pilihan lain, coba untuk menekan bagian yang berdarah sampai berhanti.

Pendarahan Pada Paruh
Tekan bagian yang luka, menggunakan bubuk luka. Jika memungkinkan, pakai Gelfoam dan tutup dengan plester luka. Sebenarnya ada tingkat kerusakan pada paruh, untuk hal ini sebaiknya konsultasikan ke dokter hewan terdekat. Jiika ujung paruh yang rusak/luka, ada kemungkin retakan dapat mencapai pangkal paruh. Stabilkan paruh dengan acrylic, mungkin akan sedikit membentu. Luka pada paruh akan sangat menyakitkan, lakukan pola makan yang cocok dan lembut sampai BOP bisa makan dengan normal.

Patah Tulang
Jika ada bagian patah tulang yang terasa jelas, bungkus BOP dengan kain untuk mencegah pergerakan dari BOP. atau perban bagian yang patah untuk menjaga dari kerusakan yang lebih parah. Perhatikan juga jika ada gejala-gejala syok. Jika ujung tulang terlihat, lumuri dengan Neosporin/ KY Jelly. KY Jelly mencegah dari pembusukan tulang.
Jika sayap dari BOP yang patah, langkah pertana yang harus dilakukan adalah menyediakan ruang yang cukup untuk BOP agar tetap bisa bernafas lega. Berikan penyangga pada tulang patah dan jangan memaksa untuk meluruskannya.

Cakar/Paruh Rusak atau Patah
Tenangkan BOP, tutup area luka dengan kapas dan berikan oat penahan darah. Perhatikan sampai darah benar-benar berhenti. Jika pendarahan tidak berhenti sampai beberapa menit, konsultasikan pada dokter hewan.
Jika cakar retak atau rusak parah dan obat penahan darah tidak bisa membuat darah berhenti, berikan es kepada cakar dan bawa BOP ke dokter hewan. Cakar yang rusak akan tumbuh pada akhirnya. Beberapa merekomendasikan untuk menutupi inti cakar dengan obat gosok kuku yang bersih untuk mengamankan inti cakar BOP yang sangat sensitive. BOP yang dalam masa ini, sebaiknya tidak di ajak untuk train atau game.

Terbakar
Banyak obat salep dan lotion beracun untuk BOP, jadi pastikan bahwa obat yang dipakai murni Aloe Vera. Semprot dengan air dingin, lapisi luka bakar dua kali sehari dengan antibiotik.

Tergigit
Cuci dengan alcohol. Jika luka gigitan tidak dalam, beri salep antibiotic. Clavamox terbukti bagus untuk kulit yang terluka karena hal ini, kucing dapat menularkan bakteri pasteurella melalui gigitan antar atau cakar mereka. Bila BOP terkena bakteri ini bisa mengakibatkan kemtian dalam 24 jam, jika tidak langsung ditangani.

Tersedak/Tercekik
Terkadang mata burung lebih besar daripada tembolok atau lubang kerongkongannya. Jika BOP tidak kesusahan untuk mendapatkan udara, biarkan BOP sampai ganjalan di kerongkongannya turun. Jika BOP kesusahan mendapatkan udara, rebahkan BOP dan urut-urut tempat BOP tersedak. Jika memungkinkan, ambil makanan melalui mulut BOP langsung, lakukan dengan hati-hati. Masalah tersedak/blockage sangat serius jika dibiarkan, BOP akan sangat menderita karena ini. Masalah ini bisa dihindari dengan memotong makanan BOP kecil-kecil dan menjauhkan bagian yang keras atau besar.

Tertabrak
BOP sering menabrak benda disekitarnya, batu, dinding, atau pohon. Biasanya tabrakan terjadi disekitar kepala, maka dari itu trauma dikepala perlu dipertimbangkan. Tabrakan juga bisa mengakibatkan BOP pingsan. Pemindahan burung yang baru mengalami tabrakan harus dilakukan hati-hati untuk memastikan tidak ada dislokasi atau kasus patah tulang. Memindahkan burung dengan handuk akan sangat mebantu agar posisi BOP tidak terlalu banyak berubah.
Kejang/Sawan
Tempatkan di area tertutup dan senyap. Ini bisa di akibatkan karena keracunan, kurang nutrisi, epilepsy atau infeksi (bakteri, virus, parasit). Jika terdiagnosa apopleksi, beri BOP Pedialyte, Gatorade atau air gula-garam untuk mengganti ion-ion tubuh.

Tembolok Gosong
Jika kejadian tersebut kita lihat pada waktu itu juga, segera siram dengan air dingin. Apabila tembolok terlihat menghitam (beberapa hari setelahnya), berikan vitamin A dan D, dan beri dengan makanan yang telah dipotong kecil-kecil.

Tembolok Kosong
Teteskan beberapa Maalox atau Digel, atau beberapa tetes minyak yang mengandung mineral (melalui mulut), lalu pijat lembut tembolok BOP.

Tembolok Sobek
Ada beberapa kasus, ketika falconer melihat makanan yang diberikan kepada BOP jatuh ketanah meskipun dia yakin makanan tersebut telah ditelan oleh BOP. Tembolok yang sobek bisa di akibatkan terlalu banyak memberi makan kepada BOP, sehingga temboloknya  penuh. Terkadang makanan yang diberikan masi terkandung tulang yang berbahaya dan dapat merobek tembolok. Menjahit tembolok yang sobek sangatlah sulit, dikarenakan kulitnya yang tipis. Luka sobek dapat dibersihkan dan diobati dengan tissue perekat. Sobekan kecil dapat sembuh dengan sendirinya dengan cara memberikan BOP istirahat yang cukup dan hanya memberikan potongan kecil makanan.
Beri BOP sedikit makanan dengan frekuensi yang berbeda dari biasanya, ini dilakukan untuk mecegah tembolok sobek lebih parah. Tentu antibiotic diperlukan untuk pengobatan masalah ini.

Diare dan Muntah
Beri beberapa tetes obat Pepto Bismol.

Tersetrum
Jaga BOP dalam keadaan terkurung dan hangat. Hindari untuk memberikan zat cair apapun. Lalu segera cari obat Azium atau Dexamethasone, dan berikan dengan dosis yang tepat untuk raptor.

Masalah Mata
Jaga BOP dari cahaya yang terlalu terang. Basuh mata BOP dengan air bersih, bisa menggunakan bola kapas atau semprotan.
Jika ada sesuatu di mata BOP, keluarkan dengan obat mata. Jangan mencoba mengeluarkan benda tersebut tanpa perasaan, karena dapat melukai mata BOP.

Makanan Untuk BOP Yang Sakit
Campur setengah liter air, setengah liter Gatorade, 1 sendok teh madu, 1 sendok teh baking soda, 1 sendok teh garam. Peringatan : Ukur dengan hati-hati, jika takaran tidak tepat dapat menyebabkan diare.

Terpukul/Terkena Benda Panas
Basuh bulu dengan air dingin. Taruh kaki di air dingin. Tempatkan di tempat yang sejuk dan gelap. Amati jika burung ada tanda-tanda syok. Pindahkan hati-hati dengan handuk untuk mencegah BOP kedinginan.

Larutan Untuk Burung Yang Sakit
Tawarkan kepada BOP Pedialyte, Gatorade, atau Jus Jeruk melalui mulut. Bisa juga melalui selang kecil, disarankan untuk tahu seberapa panjang selang yang masuk dibatas aman.

Bulu Terkontaminasi Minyak
Taburi BOP dengan tepung jagung (jauhkan dari mata dan hidung). Atau bisa dengan melumuri BOP tepung yang sudah dicampur dengan air hangat, lalu remas-remas dan bilas. Jemur dan hangatkan BOP. Tunggu sampai hari selanjutnya untuk melakukannya lagi. Teknik ini dilakukan untuk membersihkan BOP dari tar, minyak, kotoran dan apapun yang melekat pada bulu BOP. Pembersihan pada bulu BOP sangat penting, karena kotoran yang melekat dapat menambah berat BOP, mengacaukan pergerakan atau refleksnya, dan membuat BOP kesusahan untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri. Sekedar info “OxyClean” bisa digunakan pada BOP yang sedang pada masa moulting.Belum ada kasus yang mengindikasikan dampak pemakaian obat inipada kulit BOP.

Shock
Gejalanya berupa bulu bermekaran, tidak banyak bergerak, nafas terengah-engah, kepala berputar dengan mata lebih sering tertutup.
Taruh BOP pada tempat yang hangat (50-90F), karantina, dan berikan ruang yang sedikit cahaya. JIka ada cedera yang berbahaya, obati dahulu cedera tersebut segera. Jika terindikasi trauma kepala, lebih baik jaga BOP untuk tenang demi menghindari kerusakan otak.

BOP Sakit
Tempatkan ditempat yang gelap dan aman, jaga agar tetap hangat. Berikan makanan kesukaan BOP dan berikan Pedialyte atau Gatorade. Hubungi dokter hewan.

Bulu Rusak
Karantina BOP pada tempat gelap, bebaskan area BOP dari hal-hal yang membahayakan bulu, dan biarkan BOP istirahat. Bulu BOP yang patah akan dapat tumbuh dengan sendirinya, namun memerlukan waktu yang cukup lama.

Tersengat
Sengatan lebah akan sangat berbahaya jika mengenai tenggorokan BOP. Bop yang terkena sengat di daerah tenggorokan akan mengalami masalah pada pernafasannya. Jauhkan BOP dari lebah-lebah, dan jika BOP tersengat, berikan pasta soda dan air. Ini akan sedikit membantu mengeluarkan racunnya.

Tidak ada komentar: