Notive for Novice (David Riches)

Tulisan dibawah ini di postkan oleh David Riches di Group Aseania Falconer. Berisikan himbauan untuk falconer pemula.

-->
Saya tahu bahwa pemerintah di Indonesia tidak melegalkan olahraga Falconry, sejauh yang saya tahu. Saya juga tahu bahwa kamu bisa membeli burung pemangsa dari penjual ilegal ataupun mendapatkannya dari teman atau lainnya. Namun saya sarankan, sebelum mencoba memelihara burung pemangsa pastikan kamu tahu tempat dimana bisa membeli makanan untuk burung pemangsa, dan juga habiskan banyak waktumu untuk menyayanginya.
Jangan coba-coba untuk melatih burungmu kecuali kamu sudah mendapatkan banyak pelajaran tentang falconry dan juga ada mentor yang dapat membimbingmu. Banyak burung pemangsa yang meninggal akibat kurangnya pengalaman seseorang dalam menjaganya. Untuk melakukan falconry juga membutuhkan lisensi dikebanyakan negara. Dibawah ini ada sedikit panduan untuk petunjuk bagaimana memperlakukan burungmu.
  1. Jangan pernah berteriak atau menganiaya burung pemangsamu.
  2. Sebelum melakukan semuanya, cek peraturan falconry yang berlaku diwilayah sekitarmu. Jika kamu tinggal di USA, kontak departemen yang berkaitan dengan falconry dan minta paket barang untuk melakukan falconry.
  3. Pastikan kamu telah membaca semua buku semampumu, dan membeli segala equipment yang diperlukan sebelum mengadopsi burung pemangsa. Telemetry merupakan hal yang mutlak diperlukan bagi pemula, agar burung yang sedang dalam tahap pelatihan tidak hilang.
  4. Cari mentor/pembimbing untuk membimbingmu. Mentor ini setidaknya sudah melakukan falconry selama dua tahun, dan memiliki kemauan untuk mengajarimu.
  5. Para pelajar falconry di USA hanya boleh memulainya dengan Red-Tailed Hawk atau American Kestrel, di karenakan lebih bisa maklumi jika mengalami kesalahan dalam menjaga burung tersebut.
  6. Tempatkan burung didalam rumah selama seminggu setelah kedatangannya bersamamu. Semakin sering dia melihat manusia, semakin burung tersebut terbiasa dengan manusia (manned).
  7. Pertama latih burungmu untuk meloncat atau terbang ke sarung tangan yang ada dikepalan tanganmu . Sampai dia bisa makan makanan yang kamu tempatkan di sarung tangamu, lalu perkenalkan dia kepada lure atau baggies.
  8. Lekas lakukan manning burung pada ‘hood’ dan jika pemakaian hood berjalan dengan baik, lakukan pembiasan memakai hood setiap hari. Tidak diperbolehkan membiarkan burung dalam keadaan memakai hood kecuali ketika dalam perjalanan atau ketika berdekatan dengan burung teman-temanmu.
  9. Pastikan semuanya selalu bersih dan rapi tiap waktu. Kotoran dapat menimbulkan penyakit dan ini memalukan bagi olahraga ini. Berikan makanan yang berkualitas bagus, dan lakukan pola makan dengan berbagai variasi makanan. Nutrisi dari puyuh sangat bagus dan lengkap, begitu juga dengan tikus putih.
  10. Pastikan jesse selalu lemas dan tidak kusut.
  11. Jangan biarkan orang yang bukan seorang falconer mengurus burungmu walau hanya sehari.
  12. Sering-seringlah tapi jangan selalu, berikan burung tidbit jika kamu mendekatinya atau ingin memindahkannya. Burung akan mencoba bate, tapi tidak akan menjauh. Coba agar burung loncat ke glove untuk memakan tidbitnya. Lakukan ini jika burung sudah benar-benar manned.
  13. JIka, untuk berbagai alasan, kamu tidak yakin untuk melatih burung pemangsa, maka jangan dilakukan.  Jika terlihat ada kesalahan, maka percayai feelingmu, apapun yang terjadi.  Tidak ada yang sangat menggangu kecuali kehilangan partnermu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
8 August 2012 at 10:33 delete

apa itu grup aseania falconer? dimana saya bisa masuk? thx

Reply
avatar
Powered by Blogger.

About Me

My photo
M Iqbal Yudhistira, saat ini masih menempuh pendidikan sarjana jurusan peternakan di salah satu univesitas yang berada di Kota Malang. Penulis sangat tertarik dengan perkembangan teknologi dalam dunia peternakan. Melalui blog ini, penulis berharap dapat menjadi suatu wadah pertukaran informasi maupun ilmu yang saat ini terus berkembang, khususnya perkembangan dunia peternakan.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "