Berbagai Penyakit Pada Ayam Bangkok (Pencegahan dan Pengobatannya)


Penyakit pada ayam akhir-akhir ini sangat membuat cemas berbagai peternak ayam. Mulai dari ayam ras maupun ayam buras, demikian juga pada ayam Bangkok. Meskipun terkenal dengan fisiknya yang kuat, bukan tidak mungkin ayam Bangkok terserang penyakit. Berbagai penyakit yang saat ini terus menerus bermutasi mengakibatkan perlu pencegahan yang optimal bagi penghobi atau peternak ayam. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa penyakit yang biasa kita temui disaat kita berurusan dengan ayam.
Berikut beberapa penyakit yang sering muncul pada ayam bangkok dan cara pencegahan serta pengobatannya :

Penyakit Snot (Coryza)
 
Penyakit Snot atau coryza disebabkan oleh bakteri Haemophillus gallinarum. Penyakit Snot dapat menyerang semua umur ayam dan terutama menyerang anak ayam, biasanya penyakit ini muncul akibat adanya perubahan musim dan banyak ditemukan di daerah tropis. Perubahan musim biasanya akan mempengaruhi kesehatan ayam. Angka morbiditas kawanan unggas bervariasi antara 1-30%. Mortalitas atau Angka kematian yang ditimbulkan oleh penyakit ini mencapai 30%.

Cara penularan
Bakteri Haemophillus gallinarum hanya dapat bertahan diluar diinduk semang tidak lebih dari lebih dari 12 jam. Penularan penyakit Snot atau coryza dapat melalui kontak langsung dengan ayam yang sakit juga dapat melalui udara, debu, pakan, air minum, petugas kandang dan peralatan yang digunakan.

Gejala klinis
Ayam yang secara klinis telah terinfeksi menunjukkan gejala sebagai berikut
- Pengeluaran cairan air mata
- Ayam terlihat mengantuk dengan sayapnya turun atau menggantung
- Keluar lendir dari hidung, kental berwarna kekuningan dan berbau khas
- Pembengkakan didaerah sinus infra orbital
- Terdapat kerak dihidung
- Napsu makan
- Ayam mengorok dan sukar bernapas
- Pertumbuhan menjadi lambat.


Pengobatan
Pengobatan penyakit snot pada unggas adalah dengan pemberian preparat sulfat seperti sulfadimethoxine atau sulfathiazole. Pemberian sulfonamida dapat dikombinasikan dengan tetrasiklin untuk mengobati coryza dan dapat diberikan melalui air minum atau disuntikkan secara intramuskular. Perhatikan withdrawal time pada ayam petelur karena obat tersebut dapat mengkontaminasi telur dan kualitas dari kerabang telur.

Pengendalian
Upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan kandang dan lingkungan dengan baik. Kandang sebaiknya terkena sinar matahari langsung sehingga mengurangi kelembaban. Kandang yang lembab dan basah memudahkan timbulnya penyakit ini.

Penyakit Ngorok atau Chronic Respiratory Disease (CRD)


          Penyakit Ngorok biasa juga disebut dengan Chronic Respiratory Disease (CRD) atau mikoplasmosis atau Sinusitis atau Air Sac. Penyakit Chronic Respiratory Disease disebabkan oleh bakteri Mycoplasma galisepticum. Biasanya menyerang ayam pada usia 4-9 minggu. Penularan terjadi melalui kontak langsung, peralatan kandang, tempat makan dan minum, manusia, telur tetas atau DOC yang terinfeksi.
Faktor predisposisi atau faktor pendukung
- Kondisi kandang yang lembab
- Kepadatan kandang yang terlalu tinggi
- Litter yang kering
- Kadar amonia yang tinggi.

Cara penularan
Penularan penyakit terjadi baik secara vertikal maupun horizontal. Secara vertikal dapat melalui induk yang menularkan penyakit melalui telur dan horizontal disebarkan dari ayam yang sakit ke ayam yang sehat. Penularan penularan tidak langsung dapat melalui kontak dengan tempat peralatan, tempat pakan, hewan liar maupun petugas kandang.

Gejala klinis
Ngorok basah, adanya leleran hidung lengket dan terdapat eksudat berbuih pada mata dan ayam suka menggeleng-gelengkan kepalanya. Pada kasus kronis mengakibatkan kekurusan dan keluarnya cairan bernanah dari hidung.

Pengobatan
Pengobatan CRD pada ayam yang sakit dapat diberikan baytrit 10% peroral, mycomas dengan dosis 0.5 ml/L air minum, tetraclorin secara oral atau bacytracyn yang diberikan pada air minum.

Pencegahan
Membeli ayam baik indukan, pejantan, dan anakan yang benar-benar terbebas dari chronic respiratory disease (CRD). Menjaga kebersihan dan tingkat kelembaban kandang dan area ayam.

Penyakit Berak Kapur (Pullorum)
 
Pullorum merupakan penyakit menular pada ayam yang dikenal dengan nama berak putih atau berak kapur (Bacilary White Diarrhea= BWD). Penyakit ini menimbulkan mortalitas yang sangat tinggi pada anak ayam umur 1-10 hari. Selain ayam, penyakit ini juga menyerang unggas lain seperti kalkun, puyuh, merpati, beberapa burung liar. Pullorum atau Berak kapur disebabkan oleh bakteri salmonella pullorum dan bakteri gram negatif. Bakteri ini mampu bertahan ditanah selama 1 tahun
Di Indonesia penyakit pullorum merupakan penyakit menular yang sering ditemui. Meskipun segala umur ayam bisa terserang pullorum tapi angka kematian tertinggi terjadi pada anak ayam yang baru menetas. Angka morbiditas pada anak ayam sering mencapai lebih dari 40% sedangkan angka mortalitas atau angka kematian dapat mencapai 85%.

Cara penularan
Penularan penyakit Pullorum dapat melalui 2 jalan yaitu:
- Secara vertikal yaitu induk menularkan kepada anaknya melalui telur.
- Secara horizontal terjadi melalui kontak langsung antara unggas secara klinis sakit dengan ayam karier yang telah sembuh, sedangkan penularan tidak langsung dapat melalui kontak dengan peralatan, kandang, litter dan pakaian dari pegawai kandang yang terkontaminasi.

Gejala klinis
- napsu makan menurun
- feses (kotoran) kotoran berwarna putih seperti kapur
- Kotorannya menempel di sekitar dubur berwarna putih
- kloaka akan menjadi putih karena feses yang telah keringkering
- jengger berwarna keabuan
- mata menutup dan nafsu makan turun
- badan anak ayam menjadi lemas
- sayap menggantung dan kusam
- lumpuh karena arthritis
- suka bergerombol

Pengobatan
Pengobatan Berak Kapur dilakukan dengan menyuntikkan antibiotik seperti furozolidon, coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas di dada ayam. Obat-obatan ini hanya efektif untuk pencegahan kematian anak ayam, tapi tidak dapat menghilangkan infeksi penyakit tersebut. Sebaiknya ayam yang terserang dimusnahkan untuk menghilangkan karier yang bersifat kronis.

Pencegahan
Ayam yang dibeli dari distributor penetasan atau suplier harus memiliki sertifikat bebas salmonella pullorum. Melakukan desinfeksi pada kandang dengan formaldehyde 40%. Ayam yang terkena penyakit sebaiknya dipisahkan dari kelompoknya, sedangkan ayam yang parah dimusnahkan.

                                                                                                     
Di atas tersebut merupakan beberapa penyakit yang biasa menyerang ayam Bangkok. Penyakit – penyakit diatas merupakan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri, penyakit-penyakit tersebut dapat diatasi dengan pemberian berbagai macam antibiotika yang sesuai. Namun itu jika ternak masih dalam kondisi yang memungkinkan untuk diberi antibiotika/obat , lalu bagaimana dengan ternak yang sudah sangat lemah dan terkadang meskipun sudah diberi obat antibiotika masih saja berujung pada kematian??
Disinilah keunggulan dari pencegahan penyakit sebelum penyakit itu menyerang terlebih dahulu. Pencegahan lebih baik daripada mengobati, kalimat tersebut sering diucapkan namun sangat jarang sekali dipraktekkan. Benar sekali, pencegahan lebih baik daripada pengobatan karena dengan pencegahan biaya pengobatan dapat kita hilangkan sama sekali.
Pencegahan berbagai penyakit dapat kita lakukan dengan dua metode. Metode yang pertama adalah dengan cara menjaga lingkungan sekitar ternak agar selalu tetap bersih dan terhindar dari bibit penyakit. Lingkungan disini selain dari kondisi kandang juga termasuk cuaca yang dapat menurunkan daya tahan tubuh ayam. Metode yang kedua adalah dengan memberikan asupan nutrisi maupun jamu agar daya tahan tubuh ayam lebih baik. Salah satu cara untuk memberikan kekebalan terhadap bibit penyakit adalah dengan pemberian probitik, pemberian probiotik selain  menambah daya tahan tubuh ayam juga dapat meningkatkan berbagai produktivitas ayam. Baca selengkapnya untuk probitik disini => PROBIOTIK.

Nah, diatas tersebut adalah berbagai penyakit ayam yang disebabkan oleh bakteri. Lalu bagaimana dengan penyakit ayam yang ditimbulkan oleh virus? Bagaimana dengan aratan yang biasanya dibicarakan oleh penghobis maupun peternak ayam Bangkok? Apa sebenarnya aratan itu? Dan bagaimana pencegahannya?

ARATAN PADA AYAM BANGKOK
Sebelum penulis membahas tentang aratan, penulis ingin menjelaskan sedikit tentang beberapa penyakit ayam yang disebabkan oleh virus.
Yang pertama adalah AI, Avian Infulenza atau yang biasa  dikenal sebagai flu burung disebabkan oleh virus Influenza tipe A dari family Orthomyxoviridae. Virus AI dapat menimbulkan sindrom penyakit pernafasan pada unggas, mulai ringan (low pathogenic) sampai yang bersifat fatal (highly pathogenic). Pada kasus yang sangat ganas (akut) terjadi kematian mendadak dalam jumlah besar tanpa disertai gejala awal yang menciri. Tingkat penyebaran penyakit dan kematian mencapai 90% dan menyebabkan kerugian ekonomi bagi peternak serta dapat menular kepada manusia.
 Yang kedua adalah ND(Newcastle disease), adalah penyakit pada unggas besar yang fatal (mematikan). Di Indonesia penyakit ini juga populer sebagai tetelo. Serangan pada ayam adalah yang paling dikenal, dengan gejala klinis seperti terkena pilek (hidung berair dan tersumbat), mengorok, sayap turun lemas (terkulai), kaki terseret, sampai kepala terkulai atau melipat. Pada unggas muda, serangan ini dapat segera berakhir dengan kematian, sedangkan pada unggas dewasa, kematian biasanya terjadi dua sampai tiga hari setelah gejala pertama kali terlihat.
Diatas merupakan beberapa penyakit yang biasa menyerang ayam dan mempunyai potensi kematian yang sangat tinggi (highly risk). Untuk lebih jelasnya mengenai kedua macam virus tersebut dapat membaca nya di link ini=> VIRUS AYAM 

Lalu apa hubungannya kedua virus tersebut dengan aratan?

Apa ada hubungannya juga dengan penyakit yang disebabkan oleh bakteri diatas?


Penjelasan yang akan diberikan penulis mengenai aratan ini di ambil dari pengalaman pribadi penulis maupun peternak yang pernah menceritakan tentang pengalamannya dalam menghadapi aratan. Pertama yang akan kita bahas adalah musim aratan. Seringkali para peternak mengalami wabah aratan ini ketika pergantian musim hingga musim penghujan. Jelas sekali disini cuaca yang mengalami perubahan mendadak akan menyebabkan daya tahan tubuh ternak menurun drastis juga.
Yang kedua, gejala yang didapatkan oleh berbagai peternak terkadang tidak sama ketika ayamnya mengalami wabah aratan. Ketika ditanyakan pada peternak satu ada yang menjawab gejalanya timbul leleran, air mata yang menggenang. Di peternak yang lain ada yang menjelaskan bahwa terjadi leleran di ikuti suara ngorok, nafsu makan menurun dan pial berwarna biru. Pengelaman penulis sendiri, gejala-gejala tersebut pernah penulis alami semua namun adanya juga satu musim dimana ayam menunjukkan tanda-tanda tortikolis (teloen).
Tortikolis
Ketika penulis mencoba simpulkan dari pengalama peternak pertama, kemungkinan gejala aratan ini adalah penyakit baru. Namun segera terbantahkan ketika dihadapakan dengan peternak yang lain, dimana ayam-ayamnya menunjukkan gejala yang biasa ditemui ketika ayam mengidap penyakit CRD (Chronic Respiratory Disease). Di lain pihak ketika dan di lain tempat, penulis mendapatkan info yang sangat menarik ketika melakukan nekropsi (bedah bangkai) pada beberapa tempat yang di anggap terkena wabah aratan. Ada beberapa ayam yang menunjukkan infeksi CRD, di lain tempat pada waktu yang sama penulis mendapatkan serangan  virus ND, dan berbagai penyakit yang tidak terlalu mematikan namun terlihat membuat si ayam kepayahan.
Nah, jika kembali pada penjelasan yang pertama maka akan kita dapatkan bahwa awal permasalahannya adalah cuaca ekstrem yang mengakibatkan daya tahan tubuh ayam menurun. Di saat yang sama pada lingkungan tersebut terdapat banyak bibit penyakit yang sudah mulai tumbuh dan dapat  melakukan inkubasi pada tubuh ayam yang sudah  melemah. Inkubasi bibit penyakit tidak menunjukkan gejala apapun pada tubuh luar ayam/ternak, namun ketika inkubasi penyakit sudah selesai ayam/ternak langsung menunjukkan gejala penyakit dan dengan mudah bibit penyakit tersebut dapat membunuh inangnya.
Jadi kesimpulan yang penulis ingin katakan adalah, bahwasannya penyakit aratan adalah bentuk dari daya tahan tubuh ayam yang sangat buruk dimana ayam tersebut diserang oleh berbagai macam penyakit mematikan. Oleh karena itu berbagai model obat yang dilakukan oleh berbagai peternak sangat jarang dapat menyembuhkan wabah aratan ini. Beberapa model pengendalian penyakit yang sering dilakukan adalah dengan cara mengkarantina ayam yang sudah terinfeksi dari yang belum. Juga memberikan berbagai ramuan jamu yang diharapkan mampu memberikan daya tahan tubuh yang baik bagi si ayam.
Mungkin saja dapat menyembuhkan ayam yang terkena wabah aratan jika ayam tersebut terinfeksi penyakit yang berasal dari bakteri, dengan cara pemberian antibiotik. Namun jika ayam tersebut terinfeksi virus, dapat kita lakukan adalah memberikan asupan yang pas agar daya tahan tubuh ayam dapat terbentuk dengan bagus. Salah satu cara untuk mencegah bibit penyakit masuk ke dalam tubuh adalah dengan pemberian probitik (baca disini => PROBIOTIK).
Sekian ulasan artikel tentang penyakit kali ini. Penulis berharap dapat meluangkan waktu untuk membuat artikel lanjutan tentang berbagai penyakit ayam dan berbagai kemajuan teknologi untuk mengatasinya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

34 comments

comments
14 March 2016 at 19:23 delete

Mantap gan, aku juga sering keteteran kena aratan
nice artikel (y)

Reply
avatar
19 October 2018 at 09:42 delete

PROMO NEW MEMBER 20%

Perizinan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan guna awal akun permainan judi atau taruhan online untuk anda di perutusan judi online yg berkedudukan International, sah dan terpercaya hanya di ZeusBola.

Yang Merupakan Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man guna beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

https://bolazeus.net/2018/07/23/panduan-cara-bermain-roulette-di-situs-judi-online/
https://bolazeus.net/2018/07/24/ciri-ciri-poker-online-terpercaya-2018/
https://bolazeus.net/2018/07/26/bermain-poker-online-tanpa-mengunakan-modal-yang-besar/

Ayo daftar sekarang di bolazeus.net

Reply
avatar
16 November 2018 at 03:08 delete

BONUS 10% SETIAP HARI

Perutusan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa pelayanan bagi pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada anda di cabang judi online yang bertingkat International, legal dan terpercaya hanya di ZeusBola.

Yang Merupakan Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan perseroan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man guna beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga sedunia.

main judi deposit pakai pulsa
prediksi bola/

Daftar sekarang hanya di AgenZeus.com

Reply
avatar
5 December 2018 at 05:27 delete

BONUS NEW MEMBER 20%

CemePoker yakni kantor cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg menyediakan beraneka tidak sedikit game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai perizinan judi poker dgn rating win tertinggi.
cemesamgong.com menjamin 100% keamanan beberapa membernya pun pemain Poker aku dipastikan 100% Player VS Player.
jangan sampai abai nantikan bonus merenggut tiap-tiap bulannya dan upah referal segolongan hidup

Baca juga :
artikel poker

Ayo daftar sekarang di www.cemesamgong.com

Reply
avatar
5 April 2019 at 15:58 delete

Mencari Situs Judi Taruhan Ayam Terpercaya?

Tenang saja, kini Agen BOLAVITA menyediakan Judi Taruhan Ayam yang sangat lengkap yang bisa Anda coba daftar dan mainkan.

Daftar sekarang untuk dapatkan bonus new member 10% dan bonus setiap harinya 5%.

Minimal Deposit dan Withdraw adalah 50.000.

Permainan ini bisa dimainkan dimana dan kapanpun juga, baik di pc/laptop atau Handphone.

Daftar sekarang juga di www.bolavita.vip !!!!

Baca juga = Cara Daftar Sabung Ayam di BOLAVITA

Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
BBM : BOLAVITA / D8C363CA
Whatsapp : +62812-2222-995
Livechat 24 Jam

Reply
avatar
12 June 2019 at 09:57 delete

Untuk Anda para penggemar Judi Online di Indonesia. Kini telah hadir ZEUSBOLA yang merupakan Situs Judi Online Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. ZEUSBOLA juga merupakan Agen Sabung Ayam Terbaik dengan pengalaman lebih dari puluhan tahun. Dengan pengalaman yang cukup lama, tentunya Anda semua tak perlu ragu lagi dengan kualitas Situs Taruhan Online ini.

Menyediakan Permainan Lengkap :
- SPORBOOKS
- LIVE CASINO
- SABUNG AYAM
- SLOT GAME
- TEMBAK IKAN
- BOLA TANGKAS
- TOGEL
- POKER ONLINE

Minimal deposit VIA ATM / OVO : Rp. 50.000,-
Minimal deposit VIA PULSA : Rp. 25.000,-
MInimal WITHDRAW : Rp 50.000,-

HOT Promo-promo Bonus :
- BONUS NEW MEMBER 15%
- BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 10%
- BONUS CASHBACK 15% + ROLLINGAN 0.6%
- BONUS EXTRA FREECHIP !!

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami :
- Whatsapp : 081333552228
- LiveChat : http://www.bolazeus.com

Link Alternatif :
http://www.bolazeus.com

DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

ZEUSBOLA

http://bolazeus.com/

Reply
avatar
26 June 2019 at 17:04 delete

Kualitas artikel kamu bagus gan.. aku suka baca artikel kamu.. seperti artikel berjudul Menang Plus Dapat Bonus Dari Games Ayam Online

Reply
avatar
7 July 2019 at 16:19 delete

Sabung Ayam S128 adalah Adu Ayam Jago atau disebut ayam taji, bangkok, dan disiarkan online dan live dari negara vietnam, filipina.

https://rajasabungs128.com/fungsi-cuka-untuk-ayam-bangkok-aduan/

Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita

Reply
avatar
22 July 2019 at 03:03 delete

Ingin mencari Situs Bandar Sabung Ayam Online yang Terpercaya sekaligus Terhebat?
Udah tidak perlu Anda ragukan lagi, Gabung saja dengan S128Cash, Situs Bandar Sabung Ayam Online Terpercaya dan Terhebat !!
Raih kemenangan Anda hingga jutaan rupiah setiap harinya bersama kami.
Hanya dengan modal Rp. 25.000,- Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah.
Bukan itu saja, Disini Anda dapat deposit menggunakan OVO, GOPAY dan PULSA !! Sangat membantu bukan??
Jadi tunggu apalagi? Ayo Segera Daftar S128 disini !!

S128Cash juga menyediakan berbagai PROMO BONUS seperti :
- Bonus New Member 10%
- Bonus Deposit Setiap Hari 5%
- Bonus 7x Kemenangan Beruntun !!

Untuk Informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami melalui :
- Livechat : S1288Poker
- WhatsApp : 081910053031

Link Alternatif :
- http://www.s128cash.org

Reply
avatar
2 August 2019 at 05:19 delete

PROMO NEW MEMBER 15%

DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan master bandar master agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

Sebagai Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man bagi beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

main judi pakai pulsa
https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-poker-deposit-via-pulsa-2019/
alternatif zeusbola

Ayo gabung sekarang di dewazeus.site

Reply
avatar
25 August 2019 at 00:24 delete

Yuk di add pin WA: +628122222995 sabung ayam peru
Sabung ayam online dan semua jenis permainan judi online ..
Semua bonus menarik kami berikan setiap hari nya ... :)

Reply
avatar
23 September 2019 at 12:40 delete

Perlu anda ketahui dampak negatif dari pemakaian obat kimia kini sangat tidak jelas dan mahal, membuat rata-rata masyarakat saat ini beralih beralih ke obat-obatan herbal tradisional yang khasiatnya lebih alami dan sudah terbukti guna dalam mencegah ataupun mengobati penyakit yang ada di dunia.

Penggunaan Obat herbal tradisional ini sudah begitu familiar bukan hanya berkhasiat ampuh bagi manusia tapi juga pada hewan yang kita pelihara, apapun itu jenisnya. Tapi dalam pembahasan kali ini kita hanya akan membahas tentang Cara mengatasi penyakit yang ada pada Ayam Aduan yang kita perlihara, Begitu beragam penyakit yang saat ini sulit untuk di atasi, meski sudah menggunakan jasa kedokteran yang ada saat ini.

Baca Selengkapnya Di Link : https://pemainayam.club/rahasia-khasiat-racikan-obat-untuk-ayam-yang-wajib-kamu-ketahui/

Reply
avatar
2 October 2019 at 05:23 delete


PokerAyam adalah Sebuah Situs Permainan POKER ONLINE TEXAS HOLDEM INDONESIA Dimana Anda akan diberikan fasilitas menikmati 7 game dalam 1 akun. Semua permainan yang tersedia menggunakan uang asli yang bisa dilipat menjadi berlipat ganda. Proggressive jackpot hingga ratusan juta rupiah setiap harinya.

DOMINO QIU QIU | CAPSA SUSUN | BANDAR CEME | LIVE POKER

Untuk Minimal Deposit :: Rp 10.000,-
Untuk Minimal Withdraw :: Rp 25.000,-

Bonus Freechip Pokerayam :
> Bonus New Member 10%
> Bonus Deposit Harian 5%
> Bonus Rake Back Mingguan
Artikel Poker

Hubungi Kami
http://165.22.51.220
Livechat PokerAyam
WA : 081222221680
LINE : POKERAYAM

Reply
avatar
10 December 2019 at 17:58 delete

Daftar Akun Deposit LinkAja Saat ini sudah banyak permainan online yang menggunakan metode transaksi modern. Sebut saja salah satu aplikasi yang sedang hype adalah Linkaja. Aplikasi satu ini awalnya bernama Tcash yang hanya dapat digunakan oleh penggunakan kartu Telkomsel. Namun, nama Tcash kini telah berubaha menjadi LinkAja yang memiliki fungsi dan kegunaan yang sama sebagai dompet digital modern.

http://167.71.214.170/
Texas Poker
Judi Poker
Sakong Online
Judi Deposit Pulsa
Bandar66 Online

Kontak Pokervita
Livechat Pokervita
WA: 08122222996
Wechat: pokervitaofficial
Line: vitapoker

Reply
avatar
18 December 2019 at 13:26 delete

Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
- Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
- Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
- BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
- BONUS KEJUTAN LAINNYA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Reply
avatar
18 December 2019 at 13:26 delete

Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
- Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
- Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
- BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
- BONUS KEJUTAN LAINNYA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Reply
avatar
18 December 2019 at 13:26 delete

Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
- Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
- Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
- BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
- BONUS KEJUTAN LAINNYA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Reply
avatar
24 December 2019 at 16:12 delete

PROMO TIAP HARI BOS

Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, pekerjaan perwakilan Judi Online menelantarkan pulsa ialah secorak bandar judi yang menganjurkan atraksi poker online pada waktu ini sudah banget ringan degnan munculnya pertunjukan ini poker online endapan melewati pulsa akomodasi padat berlagu disebuah pementasan poker online yang pandai kita jumpai kala ini emang buah berusul makin meningkatnya waktu dan teknologi masa ini didalam permainan cagaran online. Karena hanya menyisakan pulsa seolah-olah hartakekayaan sedimen pergelaran di judi via pulsa online, pegawai sudah merapai putaran yang luas berlagak beserta memihak permainan.

Bermain menjadwalkan pulsa didalam tontonan poker online pastinya memang hendak semakin melampiaskan pegawai kala anda berbuat pergelaran sandaran online. Berdasarkan hadirnya sedimen lewat pulsa alkisah awak akan sanggup atas simpel bernas berkelakuan beserta menjadi jawara didalam semacam pementasan poker. Atraksi judi online deposit melalui pulsa mestinya tentu mendapatkan sebagian profit berkelakuan yang larat berwujud pulsa jua maupun berupa uang betul didalam sebentuk permainan poker online.

BACA JUGA:

poker pulsa
poker via pulsa
poker deposit pulsa telkomsel


Daftar sekarang hanya di ZeusBola

Reply
avatar
16 January 2020 at 15:46 delete

Dapatkan Penghasilan Tambahan Disini..
Donaco Poker.. Agen Terpercaya dan Teraman..
Kemenangan besar bisa di dapatkan...

Ikuti Festival Poker di Donaco Poker..
Dapatkan bonus-bonus menarik...
Cukup Deposit 10rb anda bisa dapatkan semuanya...

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Reply
avatar
6 February 2020 at 02:19 delete

Sebelum bermain di agen idn poker terpercaya, pastinya anda akan mencari yang terpercaya yang dapat memberikan kemenangan dan jackpot terus-terusan. Nah, Pokerayam situs yang cocok untuk anda pilih? Disini anda akan merasakan kemenangan besar serta jackpot terus-terusan setiap hari!!

Bonus Freechip Pokerayam :
> Bonus New Member 10%
> Bonus Deposit Harian 5%
> Bonus Rake Back Mingguan
> Bonus Refferal 15%

Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
- Semua Bank Lokal
- OVO
- Gopay
- Dana
- Pulsa (Minimal Deposit 25rb Rate Terbaik)

* Situs Poker Deposit 10rb Termurah
* Poker Deposit Pulsa
* Kontak PokerAyam

HUBUNGI KAMI:
pokerayam.cc
WA : 0812-2222-1680
LINE : POKERAYAM

Reply
avatar
12 February 2020 at 02:46 delete

BOSAN KALAH MULU ? SEGERA GESER KE ZEUSBOLA

MINIMAL DEPOSIT YANG SANGAT TERJANGKAU, MENYEDIAKAN BERBAGAI FASILITAS DIDALAMNYA

• Permainan Terlengkap & FairPlay
• Layanan Customer Service Online 24Jam nonstop
• Pelayanan Super Ramah, Profesional, Teraman & Fast Respon
• Menerima Deposit Via All Bank Lokal Indonesia
• Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL ( Rate Tertinggi Dari Agen Lain )
• Menerima Deposit Via Ovo
• Minimal Deposit VIA GOPAY
• Minimal Deposit VIA DANA
• Minimal Deposit VIA LINKAJA
• Berapapun Kemenangan Anda Di Bayar Tuntas !
• Pendaftaran Free!!

Kujungi Judi Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan :

http://134.209.98.69/situs-judi-online-deposit-pulsa-tanpa-potongan/

Mari Gabung Dengan Cara Klik :: http://zeusbola.site/

http://134.209.98.69/main-judi-online-deposit-pulsa/

Contact person Us :

• Live Chat Zeus Bola : http://104.248.148.252/
• Whatsapp :+62 813 3355 5996
• Telegram : zeusbola

Reply
avatar
6 April 2020 at 16:06 delete

BONUS SETIAP HARI DARI DONACO POKER 2020

+FREECHIP EDISI BULAN PUASA SAHUR BERSAMA DONACO POKER

+BONUS WEEKEND 15% (BERLAKU SETIAP SABTU & MINGGU)

+BONUS NEW MEMBER 10%

+BONUS DEPOSIT HARIAN 5%

Permainan poker terpecaya dan nikmati...
POKER ONLINE 7 PERMAINAN (1 USER ID)
1. POKER ONLINE
2. BANDAR CEME
3. CEME KELILING
4. DOMINO QIU-KICK
5. SUPER TEN
6. CAPSA SUSUN
7. OMAHA

AYOO...
SEGERA WA : 081333555662

Reply
avatar
1 May 2020 at 06:44 delete

PROMO MEMBER BARU 15%

DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan master agen agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeus bola.

Sebagai Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man bagi beroperasi juga sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
link alternatif zeusbola

promo sabung ayam s128

Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 nova88 link, main langsung maxbet nova88.

Reply
avatar
9 June 2020 at 09:56 delete

Lagi cari situs sabung ayam online yang deposit & withdraw cepat dan tidak ribet? Lagi cari penghasilan dari hobby sabung ayam? Yuk gabung bersama kami MuseumAyam Agen Sabung Ayam Online Terpercaya. Bonus 100% Win Beruntun 7x Sehari !!
Minimal deposit hanya 20rb saja berpeluang meraih kemenangan hingga jutaan rupiah dari hobby sabung ayam. Menang berapapun dibayarkan ! Kepuasan dan kenyamanan anda menjadi tanggung jawab kami sebagai penyedia

SABUNG AYAM [ S128 - Club388 ]

Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
* Semua Bank Lokal Indonesia
* Pulsa Tanpa Potongan
* OVO
* Gopay
* Dana
* Linkaja

Bandar Togel Online
Museumbola Livecasino
Sabung Ayam club388
Museum Toto

Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumbola
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Reply
avatar
20 September 2020 at 12:23 delete

Bagi pengguna rekening Jenius BTPN kini dapat dengan mudah melakukan transaksi via sesama BTPN! Yuk transaksi bersama Museumayam bertaruh Sabung ayam SV388, Menang berapapun dibayar!

Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
* Semua Bank Lokal Indonesia
* Pulsa
* OVO
* Gopay
* Dana
* Linkaja

Kontak Resmi MuseumAyam
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Museumtoto IDNLive
Museumbola Slot Pulsa
Museum Ayam
cara daftar togel singapore
Museum Poker
Poker Online Pulsa
togel deposit pulsa

Reply
avatar
19 January 2021 at 10:02 delete

Bandar Togel Terpercaya
SITUS TOGEL TERBAIK
AGEN TOGEL TERBAIK 2021
Bandar Togel Indonesia
Situs Agen Togel Terbaik

BANDAR TOGEL TERPERCAYA DAN TERBAIK

MBO128 sebagai situs togel online terbaik akan memfasilitasi anda untuk bermain dan daftar togel online. Game togel online ini selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta permainan judi togel di Indonesia.

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
https://mbo128.com/togel

KONTAK :
WhastApp: 0852-2255-5128

Minimal DEPOSIT Rp.25.000
Minimal TARIK DANA Rp.50.000

Transaksi bisa dilakukan melalui Via :
• PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA
• BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )
• E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

Reply
avatar
26 February 2021 at 15:47 delete

Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

9 Permainan Dalam 1 Akun
* Poker
* DominoQQ
* Bandar Ceme
* Ceme Keliling
* Capsa Susun
* Super10
* Omaha
* Blackjack
* Superbull

Promo Terbaru MuseumPoker
- Bonus Deposit Harian
- Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
- Bonus Deposit New Member 20%
- Bonus Mingguan 0.5%
- Bonus Jackpot

Daftar Poker Online

Kontak Resmi
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Situs Poker88 Deposit Pulsa Terpercaya Di Indonesia

Agen IDN Poker Terbaru Deposit Pulsa

Reply
avatar
12 May 2021 at 22:49 delete

SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
👑 www,MBO128,club 👑
Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
WhatsApp 085222555128
LINE ID : agens1288
TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

Reply
avatar
29 May 2021 at 21:48 delete

CLUB388CASH SABUNG AYAM & SLOT ONLINE INDONESIA TERBARU 2021

CLUB388CASH adalah situs judi slot online terbaik 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
Minimal Deposit Rp.10.000,-
Minimal Withdraw Rp.50.000.-

Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
Bonus New Member 10%
Bonus Harian 5%

Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

KONTAK :
WhastApp: 0819-1005-3031

Judi Slot Online Club388
Deposit Pulsa Tanpa Potongan
Poker Online
Situs Poker Online
Situs Poker Deposit Pulsa

Reply
avatar
31 August 2021 at 01:28 delete

Buruan Bergabung dan mainkan berbagai jenis slot gacor hanya di » Agen Slot Gacor


Situs Slot Online Indonesia, Judi Online Terpercaya - BVGaming
https://157.245.233.163

Reply
avatar
16 September 2021 at 04:52 delete

DONACOPOKER merupakan salah satu Agen Poker Online paling baru, tapi untuk kualitas nya jangan tidak perlu di ragukan lagi. Mengapa? karena DONACOPOKER ini adalah salah satu cabang dari server Poker IDN Play yang dimana itu adalah salah satu dari Server Poker Terpercaya, Terbaik dan Paling Bagus dan sudah terbukti akan kualitasnya.

Keuntungan Jika bermain di website
- Proses Deposit dan withdraw maksimal 3 menit
- 100% No admin dan No robot
- 100 Player vs Player
- Fair Play
- Customer service 24 jam nonstop
- Sistem keamanan terjamin TERBAIK
- Server Terbaru dan aman
- Kemenangan Yang Selalu Hadir Untuk membernya
- Menyediakan 5 jenis bank lokal ( BCA, BNI, BRI, MANDIRI, DANAMON )

PERMAINAN 1 ID BISA BERMAIN SEMUA GAME
1. POKER ONLINE
2. SLOT ONLINE
3. TOGEL
4. IDNLIVE

Dapatkan BONUS Terbanyak Yang Kami Sediakan Untuk Member Setia DONACO POKER
- BONUS REFFERAL seumur hidup Dengan Mengajak Teman Dan Rekan Anda Untuk Bermain.
- BONUS CASHBACK 0,3% Dihitung Dari Turnover Anda. Semakin Banyak Jumlah Turnover Anda, Semakin Banyak Bonus Yang Anda -
- BONUS WEEKEND 15% (BERLAKU SETIAP SABTU & MINGGU)
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
Dapatkan Yang Dibagikan 1 KALI DALAM SEMINGGU !!
Android & IOS Support Yang Akan Memudahkan Anda Bermain Dimanapun dan Kapanpun. Download Permainan Kami & Mainkan !

Apabila masih terdapat kesulitan dalam mengakses situs poker donaco, maka anda bisa menghubungi kami kembali di kontak berikut ini.

Jalur Cepat:
WHATSAPP : 081333555662
LINE : Donaco.poker
CHAT : Klik ====> SEKARANG

Salam Kemenangan Untuk Anda.
Terima Kasih.

Reply
avatar
Powered by Blogger.

About Me

My photo
M Iqbal Yudhistira, saat ini masih menempuh pendidikan sarjana jurusan peternakan di salah satu univesitas yang berada di Kota Malang. Penulis sangat tertarik dengan perkembangan teknologi dalam dunia peternakan. Melalui blog ini, penulis berharap dapat menjadi suatu wadah pertukaran informasi maupun ilmu yang saat ini terus berkembang, khususnya perkembangan dunia peternakan.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "